Selasa, 17 Juni 2014

           Assalammualaikum semuanya. Wah kembali lagi kita disini, di blog kebanggaan gue sendiri hehehe Fauzan Bercerita yang sudah berusia 5 tahun, yay!. Nah, ini masih dari serial 3000 Kilometer lagi nih. Sekarang udah masuk bagian keenam. Sekali lagi terimakasih sama semuanya yang udah baca dari bagian pertama sampai kelima, semoga menghibur dan menginspirasi ya. Nah penasaran sama bagian keenam? Bagian dimana gue dan keluarga harus meninggalkan Bali untuk kembali ke Jakarta. Well, check this out!

Rute yang Ditempuh dari Bali ke Situbondo

              Setelah hampir seminggu keliling Bali, akhirnya kita sekeluarga memutuskan untuk balik ke Jakarta lagi. Mungkin pada nanya, kenapa gak habis tahun baru aja? Karena ibu pengen tahun baru-an di Jakarta sambil dzikir di Masjid Agung At Tin. Simple. Yasudah karena itulah kita akhirnya balik lagi ke Jakarta. Kita bangun pagi-pagi sangat karena mau prepare balik ke Jakarta. Setelah rapi, kita langsung dah tuh berangkat. Kemana? Ke Sukowati. Lah ngapain? Ternyata oleh-olehnya kurang (maklum ibu-ibu). Walhasil kita kembali ngudak-ngudak Sukowati untuk beli sejumlah barang untuk dibawa pulang ke Jakarta. Kira-kira jam 10, kita langsung pergi dari Sukowati dan balik pulang ke Jakarta.

              Pas adzan Dzuhur berkumandang kendaraan Toyota Kijang ini sampai di SPBU di Tabanan, Bali. Mobil ini kudu minum premium dulu sebelum lanjut jalan lagi. Sekalian aja kita sekeluarga makan siang dan sholat Dzuhur Ashar di jama’ qashar supaya nanti dijalan tidak usah mampir-mampir lagi. Perjalanan pulang lumayan lancar dan tidak ada kemacetan yang menghadang. Sesekali dijalan kami melihat serombongan umat Hindu tengah melakukan ibadah di pura. Mulai masuk Jembrana, komunitas muslim sudah mulai terlihat dengan adanya masjid-masjid dan lantunan-lantunan Al Qur’an sepanjang jalan. Belum lagi anak-anak yang nampaknya baru pulang dari pengajian.

              Awan gelap mulai mewarnai langit ketika kita sudah masuk Taman Nasional Bali Barat yang itu tandanya sudah semakin dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk. Niatannya sih mau nyebrang pas matahari masih ada, soalnya pas kemarin nyebrang ke Bali sudah tengah malam. Ya, mau liat kaya gimana sih Selat Bali itu. Apa mau dikata, pas sampai sana pas banget adzan Maghrib waktu Bali. Keadaan di pelabuhan sore itu nggak rame-rame banget dan mobil kita sendiri tidak perlu nunggu lama untuk masuk kapal. Jadi inget tanggal 25 Desember dini hari pas kita keluar kapal dari pelabuhan ini, dan sekarang 28 Desember kita masuk ke kapal untuk nyebrang lagi ke pulau terpadat di Indonesia, Jawa.

              Penyeberangan ini cuma menghabiskan waktu sekitar 30 – 60 menit. Tapi secara waktu nggak berubah, jamnya dikurangin 1 hehehe. Sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi muncul rasa kangen sama Jawa (lebay). Suasana Jawa yang ramai dan penuh lampu langsung menyambut kita yang baru keluar dari kapal. Belum terlalu jauh dari pelabuhan, udah ketemu pasar malam. Karena udah lapar belum makan, perjalanan jadi nggak fokus. Soalnya sambil lirak-lirik kanan-kiri cari tukang nasi goreng. Ohiya, ini sudah di pantura lagi!. Setelah berjuang mencari tukang nasi goreng, akhirnya kita berhasil menemukannya. Kita makan nasi goreng di Situbondo. Untuk info aja, nasi gorengnya enak loh.

              Nah segitu dulu perjalanan kembalinya. Masih panjang perjalanan pulang sampai Jakarta. Eits, kita nggak langsung pulang ke Jakarta tapi mau dolanan ke Malang dulu. Kemana saja kita main di Malang dan ngapain aja? Makanya tunggu bagian ketujuh dari 3000 Kilometer ini ya. Terimakasih sudah liat dari bagian pertama sampai keenam ini ya. Bye!

FAUZAN BERCERITA . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates