Senin, 30 Juni 2014

Ini adalah kisah perjalanan seratusan siswa sekolah menengah atas di Jakarta Timur yang hendak berlibur memanfaatkan momen sesudah Ujian Kenaikan Kelas sekaligus menunggu pembagian rapor dan libur akhir semester. Perjalanan yang sudah direncanakan berbulan-bulan dan sudah ditunggu-tunggu ini akhirnya datang juga. Penuh lika liku sampai akhirnya acara ini terselenggara. Akhirnya, 19-24 Juni waktu acara ini terselenggara.



Pagi hari, 19 Juni 2014 terdapat lima bus yang sudah parkir disekitar pool bus Primajasa sekaligus mulut jalan masuk ke SMA Negeri 14 Jakarta. Lima bus berlabel City Trans Utama ini yang akan mengangkut seratusan siswa+15 guru pergi menjelajah Jawa. Kenapa menjelajah Jawa? Sebab rute yang ditempuh adalah Surabaya-Madura, Malang, Bromo, Batu, Jogjakarta dan juga melintasi 3 provinsi. Surabaya-Madura terletak di utara Jawa, Malang, Bromo, dan Batu terletak di tengah Jawa, dan Jogjakarta berada di selatan Jawa. Total jarak yang ditempuh mencapai 1500-an kilometer. Balik lagi, lima bus itu sudah diatur sesuai dengan kelasnya masing-masing. 

Jam 7 pagi, semua bus ini akhirnya berangkat. Berangkat pergi meninggalkan ibukota Jakarta. Akhirnya, perjalanan panjang ini akan dimulai. Rute pertama yang ditempuh adalah jalur pantai utara (pantura) Jawa. Semuanya langsung masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Namanya juga Jakarta, aneh kalau lancar jalannya. Begitu masuk tol, kendaraan kita langsung terkena macet hingga Gerbang Tol Cikarang Utama. Selepas itu kendaraan mulai melaju normal. Di Rest Area KM 57, kendaraan kami berhenti sejenak. Yap, sekedar melemaskan otot-otot dan mengosongkan kandung kemih yang sudah penuh sepanjang perjalanan yang baru berjalan 1 jam. Tapi ada juga yang mencari makanan ringan untuk di perjalanan, sampai foto selfie bareng hahahaha.

Sekitar 1 jam istirahat, perjalanan kembali dilanjutkan. Manusia-manusia yang tadinya semangat nyanyi-nyanyi, sekarang mulai menguap. Yang sedari tadi ketawa-ketiwi, sekarang mulai merem-melek matanya. Ya, sebagian peserta mulai tertidur di jalan. Pas melewati jalanan rusak, semuanya bangun lagi hahahaha. Akhirnya 2 jam perjalanan lewat, sampai juga di Jalur Pantura, jalur yang ramai dibicarakan setiap jelang lebaran. Perjalanan di pantura sudah bisa diprediksi. Yap, macet. Maklum jelang lebaran, jalanan diperbaiki semuanya. Sekiranya jam 12, bus kami semua melipir di Rumah Makan Pringsewu, Indramayu. Waktu makan siang dan sholat telah tiba, semua peserta langsung mengambil posisi masing-masing. Sekitar satu jam istirahat, semua masuk lagi ke bus dan perjalanan lanjut lagi.

Jam setengah lima sore, semua bus sudah tiba di Jalan Tol Palimanan-Kanci. Kita sempat istirahat sejenak di salah satu rest area disana. Sekitar 20 menitan, bus lanjut jalan masuk ke Tol Kanci-Pejagan dan akhirnya tiba di Jawa Tengah. Perjalanan di Jawa Tengah ternyata sama saja. Perbaikan jalan dimana-mana, walhasil macet pun terjadi berjam-jam. Mulai dari Brebes sampai jelang Alas Roban. Sekitar jam 12 malam, kendaraan kami semua telah tiba di Batang, Jawa Tengah. Mata sudah mulai meredup, semangat mulai luntur, ganti dengan lelah dan letih yang menjalar ke semua tubuh diiringi dinginnya AC bus. Semua peserta mulai tertidur hingga suara di bus mulai sunyi dan senyap. Perjalanan malam di bus pertama.


Ohiya, belum makan malam.




----------------------------------------------------------------------------



“Sebuah perjalanan, seribu kenangan, berjuta pengalaman” –@HamdiMK20

Homey! Thanks 14'15 buat 6hari 5malemnya!” –@Miaaaww

"Terima kasih 14'46 untuk 6hari 5malamnyaa! Unforgettable moment” –@maryameii


“Harus selalu bisa ambil pelajaran dari setiap kejadian. Secuil pelajaran dari 6 hari kemaren adalah bersyukur dan bersabar” -@ErvidaA

FAUZAN BERCERITA . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates