Jumat, 18 Oktober 2013


Assalammualaikum...
Selamat malam...
Apa kabar nih?
Semoga selalu dalam lindungan Allah ya :)

Hari ini mau nge-post lagi nih di blog. Postingan kali ini santai lah daripada post-post sebelumnya~
Sesuai judul di atas, kali ini mau ngebahas tentang acara Walimatur Ursy *asiiikk alias Nikahan. Masi kaga tau apaan tuh nikahan? Nikah dulu sana *lah Ya acara nikahan itu lebih difokusin ke Pesta Pernikahan yang biasanya diselenggarain beberapa jam setelah Akad Nikah.
For your info aja gue ini punya keluarga yang terdiri dari banyak suku bangsa didalamnya (apasih-_-). Maksudnya adalah keluarga gue ini bukan cuma dari satu suku doang, tapi banyak suku didalamnya gitu. Nah bertambahnya keluarga dari suku yang berbeda itu garagara pernikahan antar keluarga. Malam ini gue mau share pernikahan-pernikahan sodara-sodara gue dari beragam suku dan daerah.
Check This Out!!!

Pernikahan ala Minang
Kalo ini dari kampung bapake. Bapake kan lahir di Sumatera Selatan, tapi besar dan merupakan keturunan Minangkabau. Nah jadi langsung aja bahas nikahan ala Minang. Nikahan ala Minang yang selama ini gue temui mayoritas gak ribet dan gaterlalu banyak acara adatnya. Tapi tradisi sungkem, minta izin orang tua, minta maaf sama orang tua itu pasti ada. Ohiya, kalo laki-laki Minang nikahin perempuan Minang, maka si laki-lakinya ini dapet gelar gitu. Kalo teknis gimana dapet gelarnya sih gue gatau._. Lanjuutt... Pernikahan Minang terkadang ada juga tari-tarian didalamnya, tariannya macem tari piring gitu. Tapi tari-tarian itu lebih ke maunya si pengantin ajasih. Gak semuanya ada. Untuk makanannya, so pastilah you know apa ajaa ;;))

Pernikahan ala Sunda (Kuningan)
Buat temen-temen mungkin ada yang inget sekitar 4 bulanan yang lalu gue sempet pergi ke Kuningan. Nah itu ada acara pernikahan om gue dengan pujaan hatinya *cielah di Kuningan, Jawa Barat. Bagaimana cerita di Kuningan? Ternyata 1 hari sebelum acara Nikahan, itu ada siraman di rumah si mempelai wanita. Tapiii..... tamu undangan ternyata udah pada kondangan pas hari itu. Jadi katanya sejak H-1, udah pada banyak tamu hihihi. Begitu hari H, ternyata gak terlalu rame banget. Habis itu tiap tamu undangan yang dateng tapi gak nyicipi makanan yang ada, di"bekelin" mie instan 2 bungkus hehehe. Kelar acara resepsi, waktunya pengantin berduaan. Eits, ternyata kelar acara resepsi, masih ada acara lagi yaitu pengajian. Nah biasanya pengajian sebelom acara, disana sesudah acara. Tarian tetep ada, tariannya itu tarian menyambut pengantin diiringin lagu-lagu Islami macam Sholawat dengan nada dangdut........................ :|. Untuk makanan, bervariasi koook ;D

Pernikahan ala Jawa (Karanganyar)
Ini berceritakan di kampung halaman eyang gue di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Disini pun ada tradisi atau ciri khas nikahan yang beda. Mungkin ini sama kali ya dengan Jawa Jawa lainnya. Walaupun masih 1 hari sebelum akad, tamu biasanya udah pada dateng. Tenda di rumah mempelai wanita udah dipasang, meja-meja udah ditata, kursi-kursi udah disusun rapih. Setiap ada tamu yang dateng, langsung dikasih kudapan. Ini yang unik! Pertama, mereka dikasi berbagai macem makanan ringan kayak kacang, kripik, sampe sosis solo (itu enak banget, sumpah!) dan juga segelas teh manis hangat. Selang beberapa menit, datenglah nasi plus lauk-pauk yang diantar macem pelayan dan langsung dikasih ke tiap-tiap meja yang ada tamunya. Nasinya sih gaterlalu banyak, begitupula lauknya. Begitu kelar kondangan, tamu ini dapet bingkisan. Bingkisannya apa? Roti produksi pabrik setempat. Ohiya, tamu-tamu itu biasanya ngasih beras atau makanan dan jarang yang ngasih uang. Acara adatnya banyak banget pokoknya, mulai dari yang umum kayak suap-suapan sampe bawa gunungan batok kelapa bahkan kambing dan sapi idup!

Pernikahan ala Jawa Timur (Ngawi)
Ini bagian terakhir. Ini gue amati ketika tante gue nikah sama om gue. Setelah dilakukan resepsi di Jakarta, om gue minta diadain juga resepsi di kampungnya soalnya doi masih banyak sodara disana. Akhirnya adalah resepsi pernikahan disana. Untuk pernikahan disana, nggak terlalu rumit prosesinya dibanding di Karanganyar. Prosesi adat yang umum masih ada. Orkes dangdut dengan penyanyi aduhay + bedak yang tebalnya ber inchi-inchi-pun hadir disana. Tapi ada juga hal unik yang gue lihat! Malam hari sebelum acara inti, ada pentas wayang semalem suntuk. Bukan wayang juga sih, lebih kayak cerita gitu aja. Jadi si orang tua om gue ini menceritakan kisah hidup om gue semenjak kecil sampe sekarang ini. Ibaratnya mereka tuh kayak ya nyeritain apa aja yang dialami sama anaknya semenjak brojol sampe sekarang ini. Pas momen itu ada juga macem tari-tarian, pokoknya semarak dah.

Indonesia itu kaya. Selain Sumber Daya Alamnya, kita juga kaya akan budayanya. Termasuk bagaimana seseorang merayakan pesta pernikahan berdasarkan sukunya masing-masing. Bukan cuma gue, semuanya pun juga yakin ngerasain hal yang sama.
Intinya, bangsa yang besar itu bangsa yang menghargai dan menjaga tradisi dan budaya yang ada. Selain itu, kalo kita mau kebudayaan kita dihormati orang lain, belajarlah kita menghormati budaya kita sendiri. Cukup dengan ngaku kalo lo orang Jawa, lo orang Batak, lo orang Minang, lo orang Ambon, lo orang Papua cukup kok. Tapi inget, kalo terlalu bangga sama sukunya, itu juga tidak baik.

Sekian. Semoga terhibur
Terimakasih
Wassalam

FAUZAN BERCERITA . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates