Jumat, 01 Agustus 2014

Kita sambung lagi cerita sebelumnya. Jam sudah menunjukkan pukul 12 tengah malam saat semua bus tiba di RM Jawa Timur di Kendal, Jawa Tengah. Iya, kita mau makan malam. Makan yang kelewat malam sebenarnya. Setibanya disana, semua peserta langsung makan malam, istirahat, dan sholat. Sekitar 30 menit istirahat, semua rombongan langsung masuk lagi kedalam bus dan melanjutkan perjalanan memasuki kota Semarang. Kondisi di bus ramai sejenak selepas makan malam, namun lama kelamaan kondisi di bus mulai sepi kembali. Ada yang tidur di bus, tapi ada juga yang menonton streaming Piala Dunia. Karena gue tidur, gue tidak tahu apa yang terjadi kemudian di bus.

Tidak terasa, fajar menyongsong saat bus tiba di Rembang, kabupaten terakhir di Jawa Tengah sebelum memasuki Jawa Timur. Sekitar jam 6 pagi, semua kendaraan berhenti di beberapa masjid untuk menunaikan sholat Subuh. Selepas sholat Subuh seluruh kendaraan kembali bergerak melanjutkan perjalanan yang katanya masih panjang. Tak berapa lama, ternyata kita sudah menyeberang ke provinsi Jawa Timur. Eh ternyata di batas provinsi itulah, rumah makan untuk kita sarapan dan bersih-bersih berada. Setiba di rumah makan, semuanya langsung mengambil antrian untuk makan tapi ada juga yang langsung mandi atau sekedar sikat gigi dan cuci muka. Gue langsung ambil posisi untuk sarapan karena udah nggak ada antrian lagi. Karena gue risih kalau nggak mandi dan ternyata kamar mandinya lumayan bagus, gue memutuskan untuk mandi. Sekitar 1 jam berhenti, semua bus langsung jalan lagi ke Surabaya.

Ternyata untuk mencapai ke Surabaya memakan waktu yang nggak sebentar. Jalannya yang sempit, banyaknya kendaraan besar yang lewat, sampai perbaikan jalan menghambat perjalanan ke ibukota Jawa Timur ini. Situasi di bus di awal perjalanan masih ramai, soalnya semua masih semangat walaupun sadar kalau perjalanan masih jauh. Sekitar jam 11, kita istirahat sejenak di sebuah SPBU di Lamongan, Jawa Timur. Selepas istirahat, kita lanjut lagi perjalanan yang tinggal sebentar lagi ke Surabaya. Ternyata, nggak jauh dari tempat berhenti tadi, itulah akses masuk jalan tol ke pusat kota Surabaya. Namanya juga ibukota, ya jalanan macet mah udah biasa. Adzan Dzuhur dan jamaah sholat Jumat menyambut kita di kota Surabaya. Yap akhirnya kita tiba juga di Surabaya, tujuan pertama yang dinanti-nantikan dari awal berangkat. Muter-muter kota Surabaya sekitar satu jam, akhirnya tujuan pertama hadir didepan mata. Jembatan Nasional Suramadu. Jembatan atas laut terpanjang di Indonesia yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura.

Sekitar 15 menit kita nyeberang, tibalah di Pulau Madura. Pulau yang terkenal dengan lomba Karapan Sapinya ini. Disana kita cuma sekedar melihat-lihat toko oleh-oleh yang berjejer sepanjang keluaran jembatan Suramadu. Beberapa ada yang belanja, ada yang cari makanan ringan, pergi ke toilet, selebihnya santai-santai menunggu bus jalan lagi. Setelah semuanya selesai, perjalanan kembali dilanjutkan ke kota Batu dengan kembali memutar dan melintasi lagi Suramadu. Komentar pun sesaat bermunculan di bus.

“Jadi, 30 jam untuk 30 menit”


----------------------------------------------------------------------------

“6 hari-5 malam luar biasa! Terima kasih telah menjadi salah satu memori yang indah 14'46! #studytour46” –@alfnmk

makasihhh studytournya 14'46 dan khusunyaaa screnation&bis 2! you guys are irreplaceable” –@anggieatys

Akhirnya sampe,terimakasih 14'46” @nadanrjnh

“6hr5mlm thanks 14'46!” -@wildannky

FAUZAN BERCERITA . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates