Selasa, 23 Oktober 2018


Hai semua, udah lama ya nggak muncul lagi di sini. Terakhir tahun lalu kayanya nulis di blog kesayangan ini. Ohiya, nggak kerasa juga sebenernya ini udah hampir 10 tahun gue ngeblog. Awalnya cuma karena ngikutin Bokap yang ngeblog untuk urusan kerjaan, sampai akhirnya ceritain banyak hal disini. Kadang bahas serius, kadang nyisipin curhatan dibalik puisi-puisi yang ada, sampai ya hal-hal konyol yang dialami dari dulu jamannya SMP sampai sekarang hampir mendekati akhir masa perguruan tinggi. Hehe jadi ingat dulu pernah salah nulis sampai-sampai konflik sama kelas lain

Buat gue, nulis itu semacam sarana pembunuh waktu. Terkadang nulis juga jadi hiburan tersendiri. Mungkin itu yang dirasain di platform lain seperti Wikipedia yang beberapa kali gue ikutan menyunting artikelnya. Kadang nge-edit Wikipedia jadi kaya sarana pembunuh waktu yang efektif, soalnya satu artikel paling cepet gue buat atau edit sekitar 20-30 menit udah termasuk baca sumbernya juga. Pernah beberapa tahun lalu pas gue lagi bosan menunggu pagi pas perjalanan pulang dari Bali ke Jakarta, ada dua sampai tiga judul postingan yang dibuat cuma dalam waktu sekitar 1-2 jam. Bahkan waktu jamannya awal kuliah nasib di kost-an lama nggak ada Wifi, gue bisa ngehabisin waktu dari jam 7 sampai setengah 10 malam di perpustakaan kampus buat ngeblog. Kadang sambil nemenin kamu juga dulu hehe. Kalau bahas hiburan, bawaannya jadi ingat jamannya SMP dulu. Jaman dulu banyak teman-teman sampai adik kelas yang suka ngeblog dan kadang isi blog bisa jadi pembahasan sehari-hari. Ujung-ujungnya, gue jadi kebawa untuk menceritakan apa yang dialami di sekolah ke blog. Lucunya juga, dulu masing-masing dari blog kita bisa saling “membalas” pembahasan yang ada di blog lainnya. Paling tau-taunya besok udah ramai aja dibahas orang-orang di sekolahan. Bisa nulis dan ngebagi tulisan kita ke orang banyak, dan apalagi tulisan itu kadang bisa ya seenggaknya ngebuat orang itu senang aja udah jadi hiburan tersendiri buat penulis

Banyak yang kadang suka gue bahas di Blog ini. Beberapa kali bahas soal pilkada dan politik, pernah bahas soal jalan-jalan pribadi atau angkatan, bahas yang nggak penting soal kehidupan jaman dulu sekolah, ya sampai curhatan-curhatan pribadi juga adasih. Seringkali semua bahan tulisan itu datangnya ya dari hal-hal yang sekilas muncul. Ngelihat orang di jalan, nemuin sesuatu di jalan, diam bengong di sebuah tempat, sampai kebaikan-kebaikan kecil yang kadang nggak kita sadari. Semuanya ngalir aja gitu. Memang sih, merealisasikan ide dan gagasan jadi tulisan itu memang susah. Apalagi buat gue yang punya sifat moody. Kalau mood udah jelek, sebagus apapun idenya bisa berantakan tulisannya. Sedangkan kalau mood bagus tapi idenya nggak ada, ya nggak jadi juga tulisannya. Paling parah sih kalau moodnya jelek dan idenya jelek, buka laptop buat ngetik aja malas jadinya. Entah jaman dulu nyaman aja kalau ngeblog di perpustakaan kampus pas malam. Duduk di sebelah jendela yang kebuka, angin dinginnya yang semilir, suasananya hening, apalagi kalau ternyata langitnya lagi cerah dan penuh benda angkasa. Kalau kondisinya gitu biasanya ngehadap jendela, ngelihat ke atas langit, nggak lama memalingkan wajah lagi ke layar laptop, terus senyum sendiri sambil jarinya ikutan ngetik hehehe.

Sayang, tahun-tahun terakhir kesibukan kuliah makin banyak sampai waktu untuk sekedar cerita di blog ini jadi berkurang. Dulu sempat punya target berapa postingan per tahun, bahkan dijadiin resolusi tahunan. Tapi ya semakin kesini lebih banyak melesetnya, akhirnya jadi yang penting ada yang ditulis dan diposting setiap tahun. Ya terkesan dijadiin alasan banget, tapi memang keadaannya gitu. Seringnya ya buka laptop buat ngutak-atik tugas, ngedit gambar, sesekali ngurusin surat dan proposal, sisanya streamingan film sambil tiduran. Semuanya banyak berkutat di semua urusan ini aja. Ya terkadang memang suka kefikiran juga, kenapa untuk sekedar nulis aja susah gitu. Padahal ide-ide atau hal-hal apapun bisa jadi bahan sebuah tulisan. Padahal gue sendiri udah ngeantisipasi, misal nulis di email, nulis di word, tapi akhirnya mandek lagi. Rasanya memindahkan apa yang ada di otak kedalam sebuah tulisan lebih sulit dibanding ke sebuah gambar dan disebarluaskan di dunia maya. 

Dan saat ini, gue berusaha untuk balik lagi ke platform yang sudah digeluti sejak kelas 1 SMP. Yap, gue akan berusaha untuk Kembali Bercerita. Kembali menuangkan apa yang selama ini ada dalam fikiran gue, hati gue, perasaan gue ke laman ini dan dibagi ke semua yang suka, atau bahkan nggak suka sama sekali. Mungkin saatnya Fauzan Bercerita kembali pada namanya, yaitu menceritakan apa yang gue alami, entah baik atau buruk, serius atau bercanda, khayal ataupun nyata. Semoga ini menjadi awal untuk Kembali Bercerita kedepannya.

Terimakasih🙏

FAUZAN BERCERITA . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates