Minggu, 16 September 2012

Assalammualaikum semuanya..
Saat ini Jakarta tengah menatap masa depannya. Berbagai pembangunan telah disiapkan untuk masyarakat Jakarta kedepannya. Pembangunan yang menjadikan Jakarta sebagai kota megapolitan yang semakin maju. Tentu semua ini atas peran dan kerja keras Gubernur DKI Jakarta, H. Fauzi Bowo.


Salah satu masa depan Jakarta adalah mengenai JAKARTA WATER FRONT CITY. Jakarta Water Front City adalah model pengembangan kawasan utara Jakarta. Salah satunya adalah pembangunan Giant Sea Wall. Giant Sea Wall berfungsi sebagai pelindung pantai utara Jakarta dan juga sebagai waduk penyedia air baku atau air bersih bagi warga Jakarta, dimana waduk tersebut dapat menampung sekitar 1 milyar kubik air bersih sampai tahun 2080.
Pembangunan Giant Sea Wall terintegrasi dengan pengembangan kota kewilayahan perairan baru untuk menciptakan Jakarta sebagai Water Front City bertaraf Internasional. Kawasan kota baru ini akan terhubung dengan jalan tol dan MRT. Sebagai pintu gerbang Jakarta, kawasan ini akan memiliki jembatan modern dengan Clearance 100 m dari permukaan laut dan memiliki bentang 1 km agar dapat dilalui kapal barang dan penumpang, dari dan menuju Pelabuhan Internasional Tanjung Priok.
Seluruh air pembuangan dari sungai-sungai di Jakarta nantinya akan diolah di Waste Water Treatment Plant dan kemudian masuk di waduk.

Bagian barat Giant Sea Wall akan dibangun kawasan berluas 1500 hektar sebagai kawasan baru. Kawasan ini nanti digunakan sebagai pusat jasa keuangan, perdagangan, pariwisata, dan jasa-jasa lain yang berskala nasional, regional, dan internasional. Kawasan ini juga dilengkapi dengan pelabuhan kapal wisata Internasional.

Sedangkan di bagian timur Giant Sea Wall, dikembangkan kawasan ekonomi khusus seluas 1000 hektar sebagai pusat logistik nasional dan regional, termasuk fasilitas pelabuhan laut dalam. Kawasan ini diberi nama Kawasan Ekonomi Khusus Ali Sadikin, dan sebagai motor penggerak perekonomian dengan memberikan kesempatan bagi 400 - 500 ribu tenaga kerja warga Jakarta.

JAKARTA WATER FRONT CITY




Itulah konsep pengembangan pantai utara Jakarta, yakni Jakarta Water Front City. Ini adalah bukti nyata keseriusan Gubernur DKI Jakarta, H. Fauzi Bowo dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun Jakarta sebagai kota megapolitan di Indonesia.
Mari, kita dukung terus program nyata Gubernur DKI Jakarta H. Fauzi Bowo untuk kemajuan Jakarta dimasa yang akan datang.

Sekian,
Wassalammualaikum


FAUZAN BERCERITA . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates